Bern (Bernhart Farras Sukandar S.Kom. B.Eng.), seorang Pengusaha, Inovator dan Jurnalis yang lahir di Indonesia pada tahun 1995 dengan motto hidup (tagline): Coba Lakukan, Sekarang! Saat ini, Bern menjabat sebagai Presiden HartLogic, Entrepreneurship Platform, CEO Pranala, Super App, serta Public and Government Relations PANDI, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia cc-tld (Country Code Top Level Domain) .ID.

Bern aktif menjadi Juru Bicara di bidang Teknologi, Seni, dan Pendidikan, membimbing pengusaha via HartLogic Incubator, mengelola PR (Public Relations) via Pranala.Media, membuat konten jurnalistik via Pranala.News, membuat produk via Karyaloka dan Bern.id, berbagi ilmu via Dididik, menjadi relawan via UrunDaya, riset dan kreator konten sebagai ghostwriter / talent untuk beberapa media nasional dan internasional serta menjadi dosen di beberapa universitas. Bern juga dikenal sebagai penemu, investor, pendidik, konsultan, penyiar, presenter, penyulih suara, pengisi suara, penulis buku, pembuat film, mentor, fasilitator, moderator, pembicara, pengamat desain, produktifitas kerja, internet, domain, dan data pribadi. Selain itu, Bern dipercaya sebagai kepala juru bicara delegasi Indonesia untuk AIYEP (Australia-Indonesia Youth Exchange Program) PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara) oleh KEMENPORA (Kementerian Pemuda dan Olahraga), Pengurus oleh Internet Development Institute, Duta Bahasa oleh Badan Bahasa Indonesia, Duta CERITA oleh The Habibie Center, serta Duta Pariwisata Kabupaten Bandung Barat dan Kota Tangerang Selatan oleh KEMENPAREKRAF (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Pada usia 20 tahun, Bern telah lulus S1 (Bachelor Dual Degree) teknik informatika dan manajemen proyek di Indonesia dan Jerman, lulus SMA dengan program akselerasi dan pertukaran pelajar di The Kilmore International School, Australia. Bern juga terplih sebagai penerima beasiswa pendidikan XL Future Leaders dari PT XL Axiata dan Digital Talent Scholarship di Universitas Indonesia dari KEMENKOMINFO (Kementerian Komunikasi dan Informatika). Bern juga menerima penghargaan pebisnis muda terbaik dari Binus University.

Sejak usia 14 tahun, Bern telah bekerja di berbagai bidang untuk organisasi nirlaba serta perusahaan nasional dan internasional di Indonesia dan Jerman – CNBC, X-Channel Radio Indonesia / Woman Radio Jakarta (94,3 FM), Rocket Internet Ventures Jerman, TBI (The British Internet), Ada Band, X-Channel FM Radio (seluruh kota), Fresh Radio 96,9 FM Tangerang, dan beberapa perusahaan konsultasi manajemen (management consulting) di bidang strategi, teknologi, edukasi, dan media (komunikasi, hubungan masyarakat, marketing, layanan pelanggan dan penjualan).


Bern memiliki hati dan logika seorang pengusaha yang terus berusaha untuk mencapai tujuannya. Dalam hidup ini, Bern memiliki 3 tujuan utama dalam hidup ini yaitu kesehatan jiwa dan raga, mengumpulkan amal jariyah dan melindungi keluarga. Bern ingin mengakhiri hidupnya dengan memperbanyak ibadah, berbagi ilmu dan berkontribusi untuk kemanusiaan. Hari ini, Bern telah membantu ratusan orang untuk menjadi pengusaha melalui HartLogic Incubator dan membangun ratusan bisnis untuk menjalankan transformasi digital serta menjadi pemimpin pasar.

Bern seringkali menyampaikan pemikiannya tentang apa yang akan terjadi selanjutnya dalam teknologi, seni, edukasi, budaya, keamanan data, domain, dan internet. Bern adalah investor yang produktif dengan investasi awal di perusahaan seperti Karyaloka, Pranala, dan lainnya.

Selain menjalankan banyak bisnis, Bern mendokumentasikan kehidupan hariannya melalui saluran BERN Media yang memiliki lebih dari 100 ribu pengikut di semua platform. Live Talkshow Podcast-nya ‘The Bernhart Farras Show’ seringkali mengangkat isu berat dengan cara yang mudah dicerna. Dia adalah Penulis Buku, Pembuat Film dan salah satu pembicara publik yang paling dicari.

Bern adalah seorang inovator, sejak kecil Bern sangat menggemari lego dan mengoprek teknologi baru. Bern juga sangat menjunjung tinggi kode etik dan independensi jurnalistik

Lahir dari keluarga sederhana, Bern dibesarkan oleh kedua orang tua yang menikah pada tahun 1994 pada usia 30 (ayah) dan 25 (ibu). Ayahnya bekerja sebagai dosen universitas, pelukis dan pembuat konstruksi rumah. Sedangkan, ibunya bekerja sebagai ibu rumah tangga dan interior designer.

Bern menghabiskan masa kecilnya di Bandung dan Bekasi sebagai orang yang sangat introvert. Namun, Bern terdorong untuk berdagang ketika Bern pada tahun 2002 ketika duduk di bangku kelas 1 SD (Sekolah Dasar). Bern memulai perjalanannya berdagang dengan menjual stiker eceran. (Saya baru ingat kembali kalau itu 1 SD ketika teringat memori teman saya mempermalukan bisnis percetakan Saya di transisi menuju kelas 2 SD)

Di luar sekolah, sejak TK Bern menjalani berbagai macam les setiap harinya. Ditemani oleh ibunya setiap hari, Bern menjalani les Komputer, Piano, Gitar, Drum, Renang, Aritmatika, dan lainnya.

Pada 2007, Bern pindah ke daerah Jakarta Timur saat masuk SMP (Sekolah Menengah Pertama). Pengalaman SMP nya tidak begitu Indah, namun sangat berkesan.

Masuk ke bangku SMA, Bernhart mendapatkan program akselerasi dan pertukaran pelajar di The Kilmore Australian International School, Australia.

Bern mulai serius berbisnis sejak tahun 2010 dengan usaha konveksi.

Sejak kecil, Bern dibimbing untuk lulus dengan nilai bagus kemudian mencari pekerjaan. Seharusnya bekerja untuk perusahaan adalah takdir saya. Tapi semuanya berubah ketika berbagai macam kesempatan dijalankan.

  • Pada 2012, Bern memulai kontribusi tata kelola internet dengan berbisnis di bidang domain via Pranala.Domains dan pembuatan website via HartLogic
  • Pada 2014, Bern aktif mengikuti acara dan workshop-workshop dari PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) dan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia)
  • Pada 2018, Memulai karir sebagai Jurnalis di CNBC Indonesia, Bern ditempatkan di Kementerian Komunikasi dan Informatika serta banyak meliput berbagai berita terkait teknologi, internet, dan digitalisasi
  • Pada 2019, Bern terkoneksi kembali dengan PANDI ketika menjadi moderator di acara Exabytes
  • Pada 2020, Bern memulai perjalanan sebagai pemerhati perlindungan data pribadi
  • Masih di tahun 2020, Bern terjun langsung dalam pengelolaan domain internet di Indonesia dengan bergabung dengan PANDI
  • Pada Februari 2021 Menambah portfolionya di dunia Internet Governance, Bern terpilih sebagai salah satu pembicara di pre-ICANN70 ccTLD News Sessions untuk mewakili domain CC-TLD Indonesia (.id) yang dikelola oleh PANDI
  • Masih di tahun 2021, Bern ditunjuk sebagai pengurus dari Internet Development Institute Indonesia atau biasa disebut Institute.id
  • 2013 Dimulai dengan curhat aja tentang semua hal dikehidupan ini
  • 2014 Hiatus karena sibuk kuliah, bisnis, siaran dan duta pariwisata
  • 2015 Dimulai kembali cerita pengalaman di Jerman dan awal dari shooting VLOG video blog
  • 2016 Hiatus kembali karena sibuk skripsi dan mencari uang untuk membangun HartLogic
  • 2017 Dimulai kembali setelah HartLogic.com mulai mapan
  • 2018 Hiatus kembali karena sibuk bekerja sebagai Jurnalis di CNBC
  • 2019 Dimulai kembali untuk selamanya, Saya bisa mulai fokus kembali membuat konten secara rutin
  • 2020 Website BernhartFarras.com dipindahkan ke Bern.id
  • 2021 Website Bern.id beralih fungsi menjadi website merchandise produk buatan Bernhart dan website personal branding Bernhart Farras kembali lagi ke BernhartFarras.com

Kumpulan cerita tentang kehidupan Bernhart Farras, dikemas dalam berbagai bentuk konten:

  • Buku & Audio Book
  • Kumpulan momen cerita dan foto Bernhart Farras

Biodata

  • Nama Lengkap: Bernhart Farras Sukandar
  • Nama Panggilan: Bern / Hart / Bernhart Farras
  • Tempat & Tanggal Lahir: Bandung, 20 September 1995
  • Agama: Islam
  • Gender: Pria
  • Zodiak: Virgo
  • Shio: Babi
  • Motto: Coba-Lakukan-Sekarang!
  • Hobi: Menonton film, bermusik (piano & gitar), bermain gim strategi, memanah, basket,menulis dan membuat video.
  • Tinggi / Berat : 171cm (rambut tidak termasuk), 63 Kg (Dapat berubah sewaktu-waktu)

Arti Nama Bernhart Farras: Kuat, Berani, Jujur dan Tajam Pikirannya.

Bernhart

  • Bernhart adalah variasi Belanda dari “Bernard”.
  • Gender: Male Meaning of Bernhart: “strong, brave as a bear”
  • Digunakan: German, Dutch, Swedish, Norwegian, Danish, Ancient Germanic
  • Cara menyebut: BEHRN-hart(German) BA-nad(Swedish)
  • Sumber: Förstemann, Ernst. Altdeutsches Namenbuch. Bonn, 1900, page 269.

Farras

  • Farras dalam bahasa Sansekerta, artinya Jujur.
  • Farras dalam bahasa Islami, artinya Tajam pikirannya.

Hobi

– menonton film
– bermusik (piano & gitar)
– bermain gim strategi
– olahraga memanah & basket
– menulis dan membuat video.

Fakta

– Bangun di pagi hari.
– Saya tidak peduli siapa yang mendapat pujian. Saya hanya ingin menang bersama.
– Saya sudah berbisnis sejak SD dengan menjual stiker dan percetakan.
– Saya adalah seorang multi bahasa berbasis teknologi. Saya fasih berbahasa geek, pemasaran, editor, desainer, pelatih, tenaga penjualan, dan berbicara dengan klien yang menantang.
– Saya adalah orang yang menciptakan dan menjalankan gagasan.
– Seseorang yang suka mencapai tantangan.
– dan manusia yang tenang.

P.s. Saya memiliki Ibu super dan cantik yang memberikan tekanan dan dukungan moral. 

Tujuan & Prinsip Hidup

Pengusaha

Sejak SMA, Bern beralih dari hanya berdagang dan berbisnis menjadi seorang pengusaha.
Pengusaha yang dimaksud adalah usaha mencapai tujuan bersama yang bukan hanya berbisnis.

  1. Saya berkomitmen untuk selalu belajar dan pantang menyerah.
  2. Saya mengedepankan kepentingan bersama dibandingkan egoisme pribadi.
  3. Saya mementingkan hubungan dengan keluarga. Saya punya waktu sendiri dengan keluarga; pada waktu ini, mohon jangan hubungi saya.

Kreator

Sejak Kuliah, Bern mulai menekuni bidang kreator produk dan konten.
Sejak kecil Bern sudah seringkali membokar pasang elektronik dan membuat produk.

  1. Saya terus menggali kreatifitas, Saya berkomitmen untuk terus belajar dan tidak pernah merasa sudah pintar, mengingat diatas langit masih ada langit.
  2. Saya membuat karya yang tidak plagiat.
  3. Saya produktif dengan selalu menciptakan karya terbaru setiap harinya.

Jurnalis

Sejak Lulus, Bern mengawali karir sebagai Jurnalis Internasional di CNBC.
Perjalanan sebagai jurnalis memperkuat keinginan Bern untuk melaporkan fakta.

  1. Saya selalu melindungi identitas narasumber (jika ia tidak ingin di umbar ke publik karena privasi, keamanan atau hal lainnya).
  2. Saya tidak pernah menerima uang suap untuk konten yang Saya buat.
  3. Saya menjaga integritas dan kode etik jurnalistik.
  4. Saya hanya menyajikan fakta berdasarkan data dan tidak membuat karya hoaks.

Motto

Coba Lakukan, Sekarang!

Coba

Memang tidak akan selalu berhasil namun tidak akan ada hasil jika tidak dicoba (Takut salah dan tidak mau mencoba justru akan membuat kamu tertinggal)

Lakukan

Memang tidak semua usaha berakhir dengan keberhasilan. Namun, sejarah hanya dibuat oleh orang yang melakukan

Sekarang!

Tidak ada kata terlambat dalam memulai sesuatu, manusia hanya bisa tertinggal jika tidak melakukannya sekarang


Lainnya

ITB | Moderator Jan 2020

Creativity in the film industry | Moderator Nov 2019

Tapping into Indonesia’s Potential on Logistics | Panelist Nov 2019

Startups competition DISRUPTO 2019 | Judge Nov 2019

Press Conference DISRUPTO 2019 |  Moderator Nov 2019

Press Conference Pre Event DISRUPTO 2019 | MC & Moderator Nov 2019

IEEE Fusion Grand Seminar ITB | Moderator & Panelist Oct 2019

Innovative App Competition Compfest 2019 Fasilkom UI | Mentor Sep 2019

IT Business Case Competition Compfest 2019 Fasilkom UI | Mentor Sep 2019

Robert Walters | MC & Moderator Aug 2019

GoWork Chubs Square

Press Conference Bubu.com IDBYTE Esports 2019, Kominfo | MC Aug 2019

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

Exabytes eCommerce Conference (EEC) Indonesia 2019 | Moderator Aug 2019

UNJ (Universitas Negeri Jakarta) | Speaker Jun 2019

Fakultas Ilmu Komputer

Universitas Bina Nusantara (BINUS) | Speaker Dec 2018

Talk Show Personal Development Days 2018: Design your future. Exploring your life purpose

Tourism Ambassador Tangerang Selatan | Trainer Oct 2018

Training Marketing mix training for Abang Nona (previously Kang Nong). Tourism ambassador of Tangerang Selatan

IPDN x Komunitas Belajar Bengkel Kreasi x Smart Parents | Speaker Aug 2018

Talkshow Kemerdekaan untuk generasi muda

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (NHI) | Trainer May 2018

Incubation for Tourism Business
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (NHI) | Moderator May 2018

Forum Bisnis Pariwisata Talkshow

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) | Speaker Apr 2018

Training Penulisan Proposal Bisnis Program Wirausaha Muda 2018

IPDN x Komunitas Belajar Bengkel Kreasi x Smart Parents | Speaker Apr 2018

Talk Show Turning Dreams Into Reality

Rumpun Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) | Speaker Mar 2018

Seminar Young Islamic Entrepreneurship – Grand Launching RICMA Store

Productive Student Community (PSC) |Speaker Feb 2018

Talk Show Reaching dreams while creating an impact
Universitas Indonesia (UI) | Speaker Dec 2017

Talkshow Lapak Loka MSS FEB UI

XL Axiata | Judge Nov 2017

Innovation and competition -XL Future Leaders Batch 5 TED TALK

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) | Speaker Nov 2017

Seminar innovation & technology SMITH “Build your opportunity with technology platform”

Universitas Indonesia (UI) | Speaker Oct 2017

Seminar Grand Launching Paguyuban Beasiswa ILUNI UI

XL Axiata | Speaker Aug 2017

Talk Show at International Consumer Electronics Expo Indonesia (ICEEI) event. Discussing personal development, Hall D2 JIEXPO Kemayoran, Indonesia.

Telkom University (TEL U) | Speaker April 2017

Seminar Entrepreneurship and Marketing Plan MARFEL 2.0 Digital Marketing Era
PLN | Judge 2017

Innovation and competition – Innovation day

Institut Teknologi Nasional (ITENAS) | Moderator & Speaker 2017

Seminar Bring your technology ideas to life

Universitas Muhammadiyah Tangerang x Aoklandz | Speaker Dec 2016

Muda Jago Investasi National Seminar

Telkom University (TEL U) | Speaker Nov 2016

Seminar Technopreneur “IOT, Technopreneur and Digital Forensic”. Auditorium Gedung Tokong Nanas 2nd floor Telkom University (TEL U)

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN) | Trainer Aug 2016

Workshop eCommerce for Local Brand with HartLogic.com and MerekIndonesia.com

Universitas Gadjah Mada (UGM) | Trainer July 2016

Workshop eCommerce for the local brand with HartLogic and MerekIndonesia.com

About TNG | TNG Mar 2016

Talk Show Gathering TNG,

XL Axiata | Trainer 2016

Workshop eCommerce for people in several rural areas in Indonesia

About TNG | Speaker Mar 2015

Ngobrol di Twitter bareng Bernhart Farras

London School of Public Relations (LSPR) | Speaker May 2014

Talk Show Employee VS Employer. Another guest: Novan Putranto. Prof. Dr. Djajusman Auditorium & Performance Hall Stikom LSPR.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) | Speaker 2013

Seminar entrepreneurship
Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) | Moderator 2013

Talkshow Industry talk
Universitas Bina Nusantara (BINUS) | Moderator May 2013

Talkshow Technology and Business Revolution with CEO XL Axiata, Hasnul Suhaimi and Country Manager IBM Indonesia, Tan Wijaya. Auditorium 4th-floor Kampus anggrek Binus University.